Selasa, 19 April 2011

Kamis Putih, 21 April 2011

Kamis Putih, 21 April 2011
Yohanes 13:1-15
Sehari sebelum Hari Raya Paskah, Yesus tahu bahwa sudah waktunya Ia meninggalkan dunia ini untuk kembali kepada Bapa-Nya. Ia mengasihi orang-orang yang menjadi milik-Nya di dunia, dan Ia tetap mengasihi mereka sampai penghabisan.  2 Yesus dan pengikut-pengikut-Nya sedang makan malam. Iblis sudah memasukkan niat di dalam hati Yudas anak Simon Iskariot untuk mengkhianati Yesus.  3 Yesus tahu bahwa Bapa sudah menyerahkan seluruh kekuasaan kepada-Nya. Ia tahu juga bahwa Ia datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah.  4 Sebab itu Ia berdiri, membuka jubah-Nya, dan mengikat anduk pada pinggang-Nya.  5 Sesudah itu Ia menuang air ke dalam sebuah baskom, lalu mulai membasuh kaki pengikut-pengikut-Nya dan mengeringkannya dengan anduk yang terikat di pinggang-Nya.  6 Sampailah Ia kepada Simon Petrus, yang berkata, "Tuhan, masakan Tuhan yang membasuh kaki saya?"  7 Yesus menjawab, "Sekarang engkau tidak mengerti apa yang Kulakukan ini, tetapi nanti engkau akan mengerti."  8 "Jangan, Tuhan," kata Petrus kepada Yesus, "Jangan sekali-kali Tuhan membasuh kaki saya!" Tetapi Yesus menjawab, "Kalau Aku tidak membasuhmu, engkau tidak ada hubungan dengan Aku."  9 Simon Petrus berkata, "Kalau begitu, Tuhan, jangan hanya kaki saya tetapi tangan dan kepala saya juga!"  10 "Orang yang sudah mandi, sudah bersih seluruhnya," kata Yesus kepada Petrus. "Ia tidak perlu dibersihkan lagi; kecuali kakinya. Kalian ini sudah bersih, tetapi tidak semuanya."  11 (Yesus sudah tahu siapa yang akan mengkhianati-Nya. Itu sebabnya Ia berkata, "Kalian ini sudah bersih, tetapi tidak semuanya.")  12 Sesudah Yesus membasuh kaki mereka, Ia memakai kembali jubah-Nya dan duduk lagi. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Mengertikah kalian apa yang baru saja Kulakukan kepadamu?  13 Kalian memanggil Aku Guru dan Tuhan. Dan memang demikian.  14 Kalau Aku sebagai Tuhan dan Gurumu membasuh kakimu, kalian wajib juga saling membasuh kaki.  15 Aku memberi teladan ini kepada kalian, supaya kalian juga melakukan apa yang sudah Kulakukan kepadamu.

Ayat Emas : Aku memberi teladan ini kepada kalian, supaya kalian juga melakukan apa yang sudah Kulakukan kepadamu (Yohanes 18:15).

DIMANAKAH HATIKU

            Di sebuah paroki, aku melihat ada seorang ibu yang sudah tua. Wajahnya telah terlihat keriput termakan usia. Namun, setiap hari ia selalu meluangkan waktu untuk berkunjung ke pastoran. Ia bermaksud menyumbangkan tenaganya untuk membantu di pastoran tersebut. Dengan tulus ia mengerjakan apa saja yang diperlukan.
            Suatu ketika, saat nenek itu sedang mencuci piring, aku mencoba mendekatinya dan bertanya padanya, “ Mengapa Nenek itu sedang mencuci piring, aku mencoba mendekatinya dan bertanya padanya, : Mengapa Nenek mau melakukan semuanya ini ?” Sambil melanjutkan pekerjaannya, ia menjawab, Nenek ingin menghabiskan seluruh sisa umur nenek untuk melayani Tuhan. Semua yang nenek lakukan ini belumlah sebanding dengan kasih yang telah diberikan Tuhan pada nenek.”
            Perkataan nenek itu benar-benar menyadarkan aku, bahwa selama ini aku belum memberikan hatiku sepenuhnya kepada Tuhan. Untuk melayani Tuhan, tidaklah harus menunggu ketika kita tua. Kini, aku pun ingin mempersembahkan hidupku untuk melayani Tuhan yang telah memberikan hidupNya untukku. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengingatkan aku melalui nenek tersebut. ( A. Winaryo )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar