Jumat, 21 Januari 2011

17 Januari 2011

SENIN, 17 JANUARI 2011
MARKUS 2:18-22

2:18 Pada suatu waktu pengikut-pengikut Yohanes Pembaptis dan orang-orang Farisi sedang berpuasa. Lalu ada orang datang kepada Yesus dan bertanya, "Mengapa pengikut Yohanes Pembaptis dan pengikut orang Farisi berpuasa, sedangkan pengikut Bapak tidak?"
2:19 Yesus menjawab, "Pada pesta kawin, apakah tamu-tamu tidak makan? Kalau pengantin laki-laki masih bersama-sama mereka, tentu mereka makan.
2:20 Tetapi akan datang waktunya pengantin laki-laki itu diambil dari mereka. Pada waktu itu barulah mereka tidak makan.
2:21 Tidak ada orang yang menambal baju tua dengan sepotong kain baru. Sebab kain penambal itu akan menciut dan menyobek baju itu, sehingga mengakibatkan sobekan yang lebih besar.
2:22 Begitu juga tidak ada orang yang menuang anggur baru ke dalam kantong kulit yang tua. Karena anggur baru itu akan menyebabkan kantong itu pecah. Akhirnya kedua-duanya terbuang. Anggur yang baru harus dituang ke dalam kantong yang baru juga!

AYAT EMAS – Mrk 2:21
Tidak ada orang yang menambal baju tua dengan sepotong kain baru. Sebab kain penambal itu akan menciut dan menyobek baju itu, sehingga mengakibatkan sobekan yang lebih besar.

            “ MEMAKSAKAN KEHENDAK “

Ketika usai sekolah, Erli ingi segera pulang , sebab ia telah berjanji pada ibu untuk menemaninya ke rumah paman. Namun di tengah perjalanan, tiba-tiba Merlin memanggilnya. Maka berhentilah Erli menunggu Merlin yang sedang berlari menghampirinya. Kata Merlin kepadanya, “Erli, temani aku main game yuk ?” Jawab Erli, “ Aduh, maafin aku ya. Kali ini aku tidak bisa menemanimu, karena aku sudah terlanjur berjanji pada ibu untuk menemaninya ke rumah paman.” Namun, Merlin justru menjadi marah mendengar jawaban Erli dan katanya, “Sombong banget kamu. Cuma diajak bermain aja banyak alas an, gimana jadinya kalau diajak mikir !. Kembali kata Erli, “ Maaf, bukannya aku tidak mau, tapi bagaimana kalaau besok aja kita….”. Belum selesai Erli berbicara, Merlin segera menyahutnya, “ Ah, sudah… sudah. Gak ada besok-besok lagi. Kalau gak mau main dengan aku juga gak papa kok. Lagian gak ada pengaruhnya buat aku gak punya teman kamu !” Setelah berkata demikian, Merlin pun segera meninggalkan Erli begitu juga saja.
Memaksakan kehendak kita kepada orang lain seringkali akan mengakibatkan rusaknya jalinan persahabatan. Tidaklah sepantasnya suatu hubungan persahabatan yang telah terjalin itu rusak oleh persoalan kecil semacam itu. Karena itu, marilah kita belajar memahami orang lain dan tidak mudah memaksakan kehendak diri kita sendiri. Dalam sikap saling memahami itulah terpancar kasih Tuhan yang telah memahami kita sebagai manusia berdosa yang hendak diselamatkan Nya. ( Sarjoko )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar