Selasa, 01 Maret 2011

2 Maret 2011

Rabu, 2 Maret 2011
Mrk 10:32-45
10:32 Yesus dan pengikut-pengikut-Nya sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Yesus berjalan di depan, dan pengikut-pengikut-Nya cemas semuanya. Dan orang-orang yang mengikuti mereka dari belakang pun merasa takut. Kemudian Yesus memanggil lagi pengikut-pengikut-Nya tersendiri dan memberitahukan kepada mereka apa yang akan terjadi nanti atas diri-Nya.
10:33 "Dengarlah," kata-Nya, "kita sekarang sedang menuju Yerusalem. Di sana Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan guru-guru agama. Ia akan dihukum mati, kemudian diserahkan kepada orang-orang bukan Yahudi.
10:34 Mereka akan mengolok-olok Dia, meludahi Dia, menyiksa Dia, dan menyalibkan Dia. Tetapi pada hari ketiga Ia akan bangkit."
10:35 Lalu Yakobus dan Yohanes, yaitu anak-anak Zebedeus, datang kepada Yesus. "Bapak Guru," kata mereka, "ada suatu hal yang kami ingin Bapak lakukan untuk kami."
10:36 "Apa yang kalian ingin Aku perbuat bagimu?" tanya Yesus.
10:37 Mereka menjawab, "Kami ingin duduk di kanan kiri Bapak, apabila Bapak bertakhta dengan mulia."
10:38 "Kalian tidak tahu apa yang kalian minta," kata Yesus kepada mereka, "Sanggupkah kalian minum dari piala penderitaan yang akan Aku minum dan masuk ke dalam kancah penderitaan yang akan Aku masuki?"
10:39 "Sanggup," jawab mereka. Maka Yesus berkata lagi kepada mereka, "Memang kalian akan minum dari piala penderitaan yang akan Aku minum, dan masuk ke dalam kancah penderitaan yang akan Aku masuki.
10:40 Tetapi mengenai siapa yang akan duduk di kanan atau kiri-Ku, itu bukan Aku yang berhak menentukan. Allah yang menentukan siapa-siapa yang akan duduk di tempat-tempat itu."
10:41 Ketika sepuluh pengikut Yesus yang lainnya itu mendengar hal itu, mereka marah kepada Yakobus dan Yohanes.
10:42 Jadi Yesus memanggil mereka semuanya, lalu berkata, "Kalian tahu bahwa pemimpin-pemimpin bangsa yang tidak mengenal Allah menindas rakyatnya. Dan pembesar-pembesar mereka menekan mereka.
10:43 Tetapi kalian tidak boleh begitu! Sebaliknya, orang yang mau menjadi besar di antara kalian, ia harus menjadi pelayanmu.
10:44 Dan orang yang mau menjadi yang pertama di antara kalian, harus menjadi hamba bagi semua.
10:45 Sebab Anak Manusia pun tidak datang untuk dilayani. Ia datang untuk melayani dan untuk menyerahkan nyawa-Nya untuk membebaskan banyak orang.

Ayat Emas : Orang yang mau menjadi besar di antara kalian, ia harus menjadi pelayanmu (Markus 10:43b).

MENJADI PELAYAN

Maria adalah anak tertua dari sejumlah anak panti asuhan. Ia menyadari sebagai anak yang paling besar harus memberi contoh yang baik bagi adik-adiknya, dan sesadah sewajarnya bila ia merasa harus bertanggungjawab memperhatikan semua adik-adiknya. Ia pun selalu berusaha mambantu adik-adiknya untuk mengerjakan tugas-tugas yang lain, termasuk dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Demikian pula bila hari menjelang sore, ia membantu memandikan adik-adik.
Pelayanan Maria turut membawa kebahagiaan bagi keluarga besar Panti Asuhan tersebut hingga pada akhirnya ia sangat dipercaya untuk mengurus seluruh urusan rumah tangga. Maria telah mewujudkan Sabda Tuhan Yesus hari ini. Dengan menjadi pelayanan, kini Maria telah menjadi yang terbesar di antara yang lain. Mulai hari ini, marilah kita melayani semua orang dengan tulus hati dan melakukannya dengan gembira. ( Caecilia E )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar