Rabu, 25 Mei 2011

28 Mei 2011

 Sabtu, 28 Mei 2011
Yohanes 15: 18-21
18 "Apabila dunia membenci kalian, ingatlah bahwa Aku sudah lebih dahulu dibenci oleh dunia. 19 Sekiranya kalian milik dunia, kalian akan dikasihi oleh dunia sebagai kepunyaannya. Tetapi Aku sudah memilih kalian dari dunia ini, jadi kalian bukan lagi milik dunia. Itu sebabnya dunia membenci kalian. 20 Ingatlah apa yang sudah Kukatakan kepadamu, 'Hamba tidak lebih besar daripada tuannya.' Kalau mereka sudah menganiaya Aku, mereka akan menganiaya kalian juga. Kalau mereka menuruti ajaran-Ku, mereka akan menuruti ajaranmu juga. 21 Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kalian, karena kalian pengikut-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia yang mengutus Aku.

Ayat Emas : Apabila dunia membenci kalian, ingatlah bahwa Aku sudah lebih dahulu dibenci oleh dunia. (Yohanes 15:18)

RESIKO JADI ANAK TUHAN
            Orang tua Christine baru saja pindah di kota lain. Di kota yang baru ini Christine harus melanjutkan belajarnya di sekolah negeri dimana setiap kali pelajaran agama ia harus memisahkan diri dari yang lain. Meskipun pandai dan telah berusaha baik terhadap teman-temannya yang baru, Christine tetap saja sering dikucilkan dan menjadi bahan pembicaraan mereka, karena ia beragama Kristen sendiri. Lama kelamaan Cristine merasa seperti orang asing di sekolah itu dan ia merasa tidak sanggup lagi untuk terus bertahan belajar di sekolah tersebut.
            Suatu hari ia mengungkapkan perasaannya itu pada ayah dan ibunya, “ Aku mau pindah sekolah saja, karena belajar di sini tidak nyaman. Mengapa sih hanya karena aku beragama Kristen, mereka jadi memusuhiku ? Sudahlah, lebih baik agak jauh sedikit gak papa asal aku bisa sekolah di sekolah katolik.” Mendengar keluh kesahnya, kedua orang tuanya dapat memahaminya, lantas ibu memberinya pengertian,  Cristine, bukankah Tuhan Yesus sendiri telah berkata Apabila dunia membenci kalian, ingatlah bahwa aku sudah lebih dahulu dibenci oleh dunia. Itulah resiko menjadi pengikut Kristus. Justru karena kita adalah anak-anak Tuhan, kita harus tetap dapat mengasihi yang lain sehingga mereka dapat melihat kasih Tuhan yang ada dalam diri kita. Dan bila kita tetap setia pada Tuhan Yesus, Tuhan berjanji kita akan menerima hidup kekal bersama-sama denganNya. Jadi, jangan sedih lagi ya ?” Iya, Bu. Christine mengerti, “ kata Cristine. Kini, ia tidak mengeluh lagi dan tetap baik pada teman-temannya.
            Mau mencintai berarti mau mengorbankan diri, bukan hanya mau mencari enaknya saja. Demikian juga bila kita mau mencintai Kristus dan mau menjadi pengikutNya, berarti mau menerima perlakuan seperti yang telah diterima Yesus sendiri, yakni dibenci dunia.
( Imam Prasojo )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar