Selasa, 31 Mei 2011

1 Juni 2011

Rabu, 1 Juni 2011
Yohanes 16:12-15
12 Banyak lagi yang mau Kukatakan kepadamu, namun sekarang ini kalian belum sanggup menerimanya. 13 Tetapi kalau Roh itu datang, yaitu Dia yang menyatakan kebenaran tentang Allah, kalian akan dibimbing-Nya untuk mengenal seluruh kebenaran. Ia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri tetapi mengatakan apa yang sudah didengar-Nya, dan Ia akan memberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi di kemudian hari. 14 Ia akan mengagungkan Aku, sebab apa yang disampaikan-Nya kepadamu, diterima-Nya daripada-Ku. 15 Semua yang ada pada Bapa adalah kepunyaan-Ku. Itu sebabnya Aku berkata bahwa apa yang disampaikan Roh kepadamu, diterima-Nya dari Aku."

Ayat Emas : Tetapi kalau Roh itu datang, yaitu Dia yang menyatakan kebenaran tentang Allah, kalian akan dibimbing-Nya untuk mengenal seluruh kebenaran. Ia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri tetapi mengatakan apa yang sudah didengar-Nya, dan Ia akan memberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi di kemudian hari. (Yohanes 16:13)

PAHLAWAN KEBENARAN
            Pagi ini, Inge akan menghadapi ujian sejarah. Ketika pengawas ujian membagikan lembar soal, entah kenapa tiba-tiba Inge merasa sangat gugup, dan ia bertanya-tanya dalam hati, “ Mengapa jantungku terasa berdebar-debar begitu hebatnya?” Bahkan keningnya pun telah terlihat basah oleh keringet dingin. Aku harus tenang ! Ya, aku harus tenang sebab ujian ini terlihat sangat menentukan masa depanku nanti. “ kata Inge mencoba menenangkan dirinya sendiri.
            Ditengah kegugupannya itu, tiba-tiba Inge teringat pesan ibu tadi pagi ketika ia hendak berangkat ke sekolah, Inge, ibu hanya bisa berdoa semoga kamu berhasil. Jangan lupa untuk selalumenyertakan Tuhan dalam setiap upayamu. Bila kamu sedang bingung, tariklah nafas dalam-dalam dan mintalah pertolongan Tuhan. “ kemudian, Inge mencoba menarik nafas dan berdoa. Setelah berdoa, kini Inge benar-benar merasa tenang dan ia pun mulai mengerjakan soal-soal ujian tersebut dengan lancar. Demikian pula, ketika ujian itu usai, Inge kembali mengucap syukur pada Tuhan. “ Roh Tuhan telah menenangkan aku, sehingga aku dapat mengerjakan semuanya dengan baik. Terima kasih Tuhan, dan sekali lagi aku hendak memujiMu.”
            Roh Tuhan adalah kebenaran. Apa yang benar, tidak mungkin salah. Jadi, bila kita selalu menyertakan Tuhan dalam seluruh hidup kita, maka kita pun akan selalu tinggal di dalam kebearanNya dan tidak akan mungkin tersesat. Itulah sebabnya, mengapa hanya Tuhan yang dapat membimbing kita ke dalam seluruh kebenaran. Dia adalah pahlawan kebenaran kita ! Maka, marilah kita selalu menyertakan Tuhan dalam hidup kita dan senantiasa memohon bimbingan Sang Roh kebenaran itu sendiri dalam seluruh hidup kita. (S. Dwi Purwanthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar