Jumat, 17 Juni 2011

20 Juni 2011

Senin, 20 Juni 2011
Matius 7:1-5
1 "Janganlah menghakimi orang lain, supaya kalian sendiri juga jangan dihakimi oleh Allah.
2 Sebab sebagaimana kalian menghakimi orang lain, begitu juga Allah akan menghakimi kalian. Dan ukuran yang kalian pakai untuk orang lain, akan dipakai juga oleh Allah untuk kalian.
3 Mengapa kalian melihat secuil kayu dalam mata saudaramu, sedangkan balok dalam matamu sendiri tidak kalian perhatikan? 4 Bagaimana kalian dapat mengatakan kepada saudaramu, 'Mari saya keluarkan kayu secuil itu dari matamu,' sedangkan di dalam matamu sendiri ada balok? 5 Hai munafik! Keluarkanlah dahulu balok dari matamu sendiri, barulah engkau melihat dengan jelas, dan dapat mengeluarkan secuil kayu dari mata saudaramu.
Ayat Emas : Janganlah menghakimi orang lain, supaya kalian sendiri juga jangan dihakimi oleh Allah. (Matius 7:1)

LUPA
            Pada hari Rabu, murid-murid kelas 3 SD Nusa Bangsa mengadakan olah raga bersama. Maka semua murid dan guru keluar ke lapangan. Setelah jam olah raga bersama itu usai, para murid pun kembali ke ruang kelas untuk kembali berganti pakaian seragam sekolah. Ketika itulah, tiba-tiba Rina menangis di dalam kelas. Sehingga semua teman-temannya pun segera mendekatinya dan menanyakan apa yang membuatnya menangis.
            Ternyata Rina kehilangan uang saku dan ia pun menuduh Tuti, teman sebangkunya, yang telah mengambilnya. Tentu saja Tuti kaget dan marah karena ia merasa tidak melakukan perbuatan yang telah mengambilnya. Tentu saja Tuti kaget dan marah karena ia merasa tidak melakukan perbuatan yang tercela itu. Akhirnya ibu guru melerai pertengkaran itu dan ia memeriksa tas semua murid yang ada di kelas tersebut. Ketika permeriksaan itu berlangsung, tiba-tiba datanglah Frida, salah seorang murid kelas 5 dan ia mendekati ibu guru sambil berkata, “ Bu, ini uang Rina, tadi sebelum jam olah raga ia menitipkannya pada saya. Maafkan Rina Bu, mungkin ia lupa, ternyata uang Rina tidak hilang tapi ia lupa bila telah menitipkannya pada Frida.
            Rina telah terburu menuduh dan menghakimi Tuti sebelum mencoba mencari uangnya terlebih dahulu. Peristiwa itu telah mengajarkan kepada kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak, terlebih lagi untuk tidak mudah menghakimi orang lain atau menuduh tanpa bukti.
 (Animo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar