Selasa, 29 November 2011

30 November 2011

 Rabu, 30 NOVEMBER 2011
Mat 4:18-22

18 Ketika Yesus sedang berjalan di pantai Danau Galilea, Ia melihat dua nelayan, yaitu Simon (yang dinamai juga Petrus) dengan adiknya, Andreas. Mereka sedang menangkap ikan di danau itu dengan jala.  19 Yesus berkata kepada mereka, "Mari ikutlah Aku. Aku akan mengajar kalian menjala orang."  20 Langsung mereka meninggalkan jala mereka lalu mengikuti Yesus.  21 Yesus berjalan terus, lalu melihat pula dua orang bersaudara yang lain, yaitu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus. Mereka bersama-sama dengan ayah mereka sedang memperbaiki jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka juga,  22 dan mereka langsung meninggalkan perahu dan ayah mereka, lalu mengikuti Yesus.

Ayat Emas : Yesus berkata kepada mereka, “ Mari ikutlah Aku. Aku akan mengajar kalian menjala manusia (Mat 4:19).

Teladan Seorang Katekis

                Namanya Mbah Surip. Seorang lelaki tua yang memiliki kebiasaan berdoa di kapel. Kapanpun, meskipun saat itu bukan waktunya ibadat atau misa. Hampir sebagian besar waktunya disibukkan dengan ibadat dan misa. Hampir sebagian besar waktunya disibukkan dengan urusan gereja. Entah itu mengajar sekolah minggu, mengajar calon baptis ataupun mengajar orang yang mau menikah.
                Saat pertama kali bertemu aku bertanya soal pekerjaannya. Ia menjawab kalau pekerjaannya adalah seorang katekis. Saat kutanya lagi apa itu Katekis ia menjawab, “ Katekis itu guru agama, Nak.“ Karena aku masih bingung , Mbah Surip pun bercerita mengenai kisah Yesus memanggil murid-muridnya. Mbah Surip mengatakan kalau setiap orang Kristen yang mengaku murid Yesus memiliki kewajiban sebagai katekis atau pengajar agama bagi orang-orang di sekitarnya melalui teladan hidup yang baik. Teladan hidup yang baik adalah sebuah bentuk katekese. ( Lilik. S )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar